Rabu, 09 Mei 2018

Menarik, Peneliti IPB Manfaatkan Ikan Ekor Kuning untuk Bahan Kosmetik

JAKARTA - Belakangan ini gaya hidup back to nature semakin masif di industri kosmetik. Berbagai bahan alam telah banyak dieksplorasi kandungan bioaktifnya untuk menghasilkan kosmetika alami.
Tim peneliti dari Departemen Teknologi Hasil Perairan (THP), Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Nurjanah, Dr. Mala Nurilmala, Asadatun Abdullah M.Si, Prof. Dr. Tati Nurhayati dan Taufik Hidayat M.Si melakukan sebuah riset untuk mengembangkan bahan baku rumput laut tropika dan kolagen ikan ekor kuning sebagai industri kosmetika alami.
Untuk informasi sumber kolagen biasanya diambil dari sapi dan babi, namun dengan munculnya kasus beberapa penyakit pada sapi dan pandangan agama tertentu menyebabkan konsumen ragu dan lebih selektif dalam memilih bahan kosmetik. Hal ini mendasari tim peneliti IPB untuk memilih bahan dasar alami lainnya.
Prof. Nurjanah mengatakan, ia dan timnya menggunakan produk kosmetik berbahan dasar rumput laut tropika yang nantinya dapat menjadi alternatif sebagai kosmetik alami. Rumput laut mengandung komponen bioaktif yang baik untuk kesehatan kulit yaitu florotanin, vitamin E, dan asam lemak.
“Ikan ekor kuning mudah ditemukan dipasaran. Setelah dilakukan riset, ternyata hasil rendemennya bagus," ungkap dia seperti dilansir dari laman IPB, Rabu (25/4/2018).
Lebih lanjut dia mengatakan bahwa timnya memilih tiga jenis rumput yaitu Sargassum, Euchema cottonii dan Turbinaria.
“Kandungan bioaktif dan antioksidan ketiga berada pada kategori kuat dan sedang. Produk penelitian dari tim peneliti ini adalah lipbalm dan tabir surya (sunscreen),” jelas Nurjanah.
Terakhir ia menuturkan setelah rangkaian pengujian produk yang ia dan timnya lakukan, krim tabir surya hasil kombinasi rumput laut Euchema cottonii dan Turbinaria adalah hasil yang terbaik.
“Sedangkan untuk lipbalm dikombinasikan dari E. cottonii dan Sargassum. Produk kosmetik krim tabir surya dan lipbalm yang dihasilkan memiliki nilai Sun Protecting Factor (SPF) yang baik bagi kulit,” pungkasnya.

link terkait :https://news.okezone.com/read/2018/04/24/65/1890874/menarik-peneliti-ipb-manfaatkan-ikan-ekor-kuning-untuk-bahan-kosmetik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar